BANDUNG, DISDIK JABAR – Menjadikan rumah sebagai tempat belajar yang efektif dan menyenangkan selama pandemi Covid-19 bisa menjadi tantangan bagi sejumlah keluarga. Namun, untuk mengajak anak agar tetap fokus belajar, orang tua tak harus menyediakan ruang belajar khusus. Orang tua bisa memanfaatkan ruang mana pun di dalam rumah sebagai tempat anak belajar. Tetapi, upayakan ruangan yang dipakai kondusif agar anak tetap bisa fokus.

Melansir edukasi.kompas.com, psikolog anak, Devi Sani mengatakan, untuk siswa yang saat ini tengah melakukan pembelajaran di rumah, perlu disediakan ruang belajar yang kondusif agar mereka bisa belajar secara efektif. Terlebih, saat ini ujian pun dilakukan di rumah sehingga perlu dipersiapkan dengan lebih baik. 

“Dengan begitu, diharapkan anak tidak akan belajar sambil menonton televisi atau anak tidak belajar di kasur yang akan membuatnya mengantuk,” ujarnya. 

Menurut Devi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua dalam menyediakan ruang belajar ramah anak di rumah. Pertama, pilih ruangan bersama, kemudian tetapkan waktu belajar. “Tentukan juga berapa lama anak akan belajar. Ini bisa disesuaikan dengan jumlah materi yang ia dapatkan dari sekolah. Lakukan kebiasaan ini setiap hari sehingga anak menganggap belajar bukanlah sebuah paksaan, melainkan kesenangan,” tuturnya. 

Agar anak tidak bosan, hadirkan buku-buku bacaan edukasi di luar pelajaran dan lakukan kegiatan yang menyenangkan. Namun, menurut Devi, yang paling penting hindari distraksi. Batasi penggunaan TV, tablet, dan smartphone saat anak mulai belajar. “Di sini, orang tua adalah role model utama. Dengan kata lain, saat orang tua ingin anak fokus belajar atau membaca, lakukan hal serupa agar anak mengerti bahwa ponsel atau televisi perlu dimatikan selama proses belajar,” pungkasnya.***