BANDUNG, DISDIK JABAR – “Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.” 

Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI), Julian P. Batubara yang dibacakan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di Gedung Sate, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Selasa (10/11/2020). 

Mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, Mensos berharap Hari Pahlawan dapat dimaknai sebagai perjuangan dan pengorbanan pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Generasi saat ini, menurut Mensos, harus mampu berjuang layaknya pahlawan masa lalu. “Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” tuturnya. 

Mensos mengajak nilai-nilai kepahlawanan, seperti percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, dan bergotong royong perlu dirawat dan dipupuk agar tumbuh bersemi di hati sanubari rakyat Indonesia.

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini,” ujarnya.

Mengutip ucapan Presiden Pertama Indonesia, Sukarno, Mensos mengajak seluruh masyarakat untuk menghargai jasa para pahlawan, sekaligus melanjutkan perjuangan mereka. 

“Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu dan bergotong-royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini,” imbaunya.***